Perkuliahan Hari Ini dan Seberkas Masa Lalu

Posted: 21 September 2012 by Zeke in Kampus, postaday
Tags:

Saya sudah melewati masa jenuh perkuliahan. Atau setidaknya saya merasa begitu. Sekarang saya sudah mengumpulkan daya, upaya, dan yang paling utama adalah semangat, untuk kembali beraktivitas di kampus demi mengejar segala ketertinggalan yang sebagian besar disebabkan oleh kelalaian saya sendiri. Untungnya saya tidak benar-benar sendirian. Masih ada segelintir mahasiswa/i seangkatan yang saya jumpai di kampus.

Ketika saya memasuki kelas, saya merasakan suatu hal yang dirasakan tiap mahasiswa lain di masa perkuliahan semester akhir.

Hari ini akhirnya tiba.

Hari di mana nama saya berada di urutan paling atas dalam daftar nama mahasiswa sekelas dikarenakan penyusunan daftar nama tersebut adalah berdasarkan NIM.

Hari ketika semua mahasiswa yang saya lihat adalah junior saya.

Momen di mana tidak ada lagi senior di atas saya, bahkan setingkat dengan saya juga tidak ada, setidaknya untuk kelas ini.

Ternyata menyelesaikan perkuliahan adalah bukan perkara sepele. Tidak seperti sekolah. Datang, kerjakan tugas, jawab pertanyaan guru, ujian, selesai, tamat. Tidak sesimpel itu.

Ketika saya tamat nanti, saya akan tetap membaca tulisan-tulisan ini sebagai kenang-kenangan yang saya rasakan selama menjalani kehidupan sebagai mahasiswa semester akhir.

Sebenarnya saya bukan manusia yang tergolong bodoh. Dari SD saya mendapat prestasi di atas rata-rata. Bahkan kalau kita membuat sebuah garis tepat di pertengahan siswa dengan kemampuan rata-rata dan siswa dengan kemampuan paling baik, saya masih di atas garis tersebut.😀

Waktu SD, saya masuk kelas unggul, kelas di mana beberapa siswa unggulan dari beberapa sekolah ditempatkan di suatu tempat khusus untuk mendapatkan kelas khusus, dengan metode pembelajaran khusus, yang tentunya dengan tingkat persaingan yang semakin memanas pula. Bahkan saya sudah tau beberapa hal yang dipelajari di SMP, sampai menimbulkan sebercak kekaguman dari teman-teman saya yang sudah duduk di bangku SMP. Saya bisa membaca sesuatu dan langsung menyimpan informasi tersebut dalam memori jangka panjang, hanya dengan sekali baca.

Waktu SMP kelas dua dan kelas tiga, saya dikenal sebagai siswa yang selalu diandalkan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Saya pasti selalu, diikutsertakan dalam setiap olimpiade antar sekolah. Selalu. Prestasi saya sangat baik, walaupun masa SMP saya adalah masa-masa kegagalan saya dalam bercinta. Untuk hal ini saya merasa sangat frustasi. Saya harus akui itu. Tapi tetap saya bisa memisahkan urusan pribadi dengan edukasi.

SMA kelas satu saya sangat hancur dikarenakan ketidakcocokan saya dengan sekolah, teman-teman sekolah, dan apapun yang seurusan dengan saya semasa itu. Kemudian kelas duanya saya pindah sekolah, meraup kembali segala kemampuan yang dulu pernah ada, dan kembali berprestasi dengan baik. Di masa ini, bahkan yang juara satupun tidak bisa mengalahkan saya untuk pelajaran Bahasa Inggris.

Oke, cukup sudah dengan segala omong kosong kesombongan sebanyak empat paragraf terakhir. Mari kembali ke saat ini.

Saya sebenarnya berencana akan membuat tugas akhir berupa penelitian tentang masalah sosial, pokoknya segala sesuatu yang jauh dari perihal hitung-menghitung, karena kemampuan saya dalam hitung-menghitung sudah banyak sekali berkurang. Sayangnya, saya sudah terlanjur diberi bahan penelitian oleh Penasehat Akademis saya sesuatu yang benar-benar baru. Sesuatu yang belum seorang mahasiswapun di fakultas saya menelitinya. Poin plusnya, berhubung ini hal yang sangat berbeda dari penelitian kebanyakan, mudah-mudahan pada saat ujian nanti tidak akan terlalu banyak diketemukan jalan untuk ‘menjegal’ saya.😛 Iya donk, kan saya perintisnya.🙂

Comments
  1. Salam kenal, makasih udah berkunjung, kunjungan balik nih hihi…Tetap semangat dan sukses terus…

Leave a Reply

